Sari Mulyani

Duluu, saya tidak suka pelajaran mengarang. Tetapi sejak bergabun di Gurusiana, saya ditantang menulis dan menulis. Enak juga juga jadi penulis.... Hmmmm, Trims...

Selengkapnya
Navigasi Web
SHALAT YANG TAK DITERIMA, Tantangan menulis 365  hari ke-144
Sholat

SHALAT YANG TAK DITERIMA, Tantangan menulis 365 hari ke-144

Dalam buku Nasha’ihul ‘ibad yang ditulis oleh Syeikh Nawawi Al-Bantani, dikatakan bahwa, “Ada sepuluh orang yang tidak akan diterima sholatnya oleh Allah SWT.” Apa saja yang sepuluh itu, mari simak pada uraian berikut ini.

Pertama, orang yang sholat sendirian tanpa membaca surat Al Fatihah. Akan tetapi bila ia menjadi makmum dan tak membaca Al Fatihah, tetap sah sholatnya, menurut kesepakatan Imam Abu Hanifah, Imam Malik, dan Imam Ahmad bin Hambali.

Kedua, orang yang tidak menunaikan zakat. Allah SWT menyebutnya sebagai orang yang musyrik, dalam firman-Nya, “Maka celakalah orang-orang musyrik yang tidak menunaikan zakat.”

Ketiga, Imam yang dibenci makmumnya. Maka untuk menjadi Imam (pemimpin sholat) hendaknya ada kesepakatan siapa yang memimpin sholat, agar sholatnya diterima.

Keempat, hamba sahaya yang kabur dari tuannya. Sesuai dengan sabda Rasulullah, “Hamba sahaya yang kabur dari tuannya, maka sholatnya tak akan diterima.” Riwayat lain Rasulullah ada mengatakan, “Hamba sahaya yang kabur dari tuannya, maka ia telah kafir sampai ia kembali kepada tuannya”.

Kelima, orang yang gemar (ketagihan) minum khamr (yang memabukan). Rasulullah bersabda, “Hindarilah Khamr, sebab sungguh ia biang segala kejahatan.”

Keenam, perempuan (istri) yang tidur dengan meninggalkan tempat tidur suaminya. Sementara suaminya dalam keadaan marah. Malaikat melaknatnya sampai pagi

Ketujuh, perempuan merdeka yang sholat tanpa mengenakan tutup kepala. Tutup kelapa maksudnya, rambutnya masih kelihatan.

Kedelapan, orang yang suka makan riba. Sebagian berkata dalam kitab Zawajir, bahwa orang yang suka memakan riba akan dikumpulkan di padang Mahsyar dalam wujud anjing dan babi lantaran tipu daya mereka yang makan riba….

Allah akan membalas tipu daya mereka. Sesungguhnya bagi Allah tak satupun tipu daya yang tersembunyi.

Sembilan, pemimpin yang zalim. Dari Abu Dzar, Rasulullah SAW bersabda, “Akan didatangkan seseorang pemimpin yang zalim pada hari Kiamat kelak, ia akan dilemparkan dari atas jembatan jahanam, lalu goncanglah jembatan itu dengan sangat keras karenanya, sehingga tak ada satu jembatanpun tersisa.”

Kesepuluh, orang yang sholatnya tidak mencegah dari perbuatan yang keji dan munkar. Ia kian jauh dari Allah SWT.

Semoga kita tidak termasuk yang sepuluh diatas itu.

Wallahu a’lam.

#H-144_Depok, 9 Juni 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

salam kenal bunda....terima kasih ilmunya, tetap semangat menulisnya...

09 Jun
Balas



search

New Post