Sari Mulyani

Duluu, saya tidak suka pelajaran mengarang. Tetapi sejak bergabun di Gurusiana, saya ditantang menulis dan menulis. Enak juga juga jadi penulis.... Hmmmm, Trims...

Selengkapnya
Navigasi Web
PENILAIAN AKHIR TAHUN (PAT) TERDISRUPSI COVID-19, Tantangan menulis 365  hari ke-137
UJIAN ONLIE

PENILAIAN AKHIR TAHUN (PAT) TERDISRUPSI COVID-19, Tantangan menulis 365 hari ke-137

Setelah WFH (work from home) dan PSBB (pembatasan sosial berskala besar) selama dua bulan lebih, tibalah saatnya ujian semester. Ujian semester pada kurikulum 2013 disebut dengan PAS (Penilaian Akhir Semester) dan PAT (Penilaian Akhir Tahun). PAS dilakukan pada akhir semester Ganjil, sedangkan PAT dilakukan pada akhir semester Genap atau akhir tahun ajaran berjalan.

Dimasa pandemi covid-19 ini aktifitas sekolah tetap berlangsung secara jarak jauh. Dengan berbagai cara, Daring (dalam jaringan) pembelajaran yang belum selesai diberikan dilakukan dengan cara berkomunikasi melalu WA, Line, Instagram, google classroom, Simak siPintar, Quizizz, google form, hingga video conference dengan menggunakan zoom cloud meeting, google meet, hangout semua dilakukan demi murid-murid.

PAT tetap diselenggarakan meskipun secara online. Guru mengemas soal, dalam Simak si Pintar. Soal berbentuk penugasan, baik online atau off-line. Selama 90 menit, soal yang dibuat seefien mungkin tidak memberatkan murid, tetapi murid dapat mengerjakan dengan sebaik-baiknya selama waktu tersebut.

Jadwal PAT sekolah tempat saya mengajar mulai tanggal 4 sampai dengan 12 Juni 2020, dibuat sehari sebanyak dua mata pelajaran. Semua mapel diujikan dengan waktu 90 menit. Seluruhnya ada 13 mata pelajaran untuk kelas X dan 14 mata pelajaran untuk kelas XI. Kelas XII sudah lulus, sedang mempersiapkan tempat kuliah.

Siswa di rumah saja mengambil soal secara online sesuai jadwal yang tersedia, lalu mengerjakan soal secara offline. Jawaban di upload pada tempat yang tersedia di Simak siPintar. Setelah meng-upload jawaban itu murid selesai PAT. Selanjutnya, guru dapat memeriksa dan memberi skor pada Simak siPintar di tempat yang tersedia untuk setiap murid secara online.

Pokoknya tahun ini adalah tahun istimewa di dunia pendidikan. Semenjak pandemi covid-19, luar biasa perubahan pembelajaran di sekolah. Lonjakan pembelajaran daring yang sangat exited. Tahun pelajaran 2019/2020 ini, merupakan akhir tahun pembelajaran yang terdisrupsi covid-19. Siap tak siap semua harus ikut berbenah dengan pembelajaran jarak jauh. Seluruh kalangan wajib mengikuti aturan pemerintah. Orangtua menyesuaikan keadaan, menjadi guru dadakan. Guru mempersiapkan pembelajaran jarak jauh dari rumah. Murid-murid menerima pembelajaran jarak jauh dari rumah pula. Kebutuhan transportasi harian dahulu, dialihkan untuk fasilitas internet, dan biaya listirik.

Semoga pandemi ini segera berakhir dan pembelajaran kembali normal, meski harus new-normal keadaannya.

Wallahu a’lam.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap Bu Sari. Kalau Sekolah kami hari ini PAT.

03 Jun
Balas

Semoga, semua tetap bejalan dengan baik. Dan pandemi Covid-19 cepat berlalu

03 Jun
Balas

Alhamdulilah sama Bu dengan sekolah saya Bu.

03 Jun
Balas



search

New Post