Sari Mulyani

Duluu, saya tidak suka pelajaran mengarang. Tetapi sejak bergabun di Gurusiana, saya ditantang menulis dan menulis. Enak juga juga jadi penulis.... Hmmmm, Trims...

Selengkapnya
Navigasi Web

NASIHAT ABU BAKAR Tantangan menulis 365hari ke 155.

Dari Abu Bakar Ash-Shiddiq radhiyallahu ‘anhu berkata, Hamba yang dikaruniai Allah dengan sepuluh sifat terpuji, ia akan selamat dari berbagai penyakit berbahaya dan petaka, serta digolongkan ke dalam kelompok orang-orang yang dekat dengan-Nya, mendapat derajat orang bertakwa. Apa saja sepuluh sifat terpuji itu adalah…

Pertama, benar yang konsisten disertai hati yang rela atas pemberian Allah. Benar dalam ucapan adalah awal suatu kebahagiaan. Orang yang sedikit jujurnya, tak banyak temannya. Marilah kita berbuat jujur, dan berkata benar.

Kedua, kesabaran yang sempurna berikut rasa syukur yang konsisten. Rasulullah shalallahu ‘alaihi wassalam, bersabda bahwa keimanan yang utama adalah kesabaran dan kelapangan dada.

Sebaik-baiknya senjata seorang mukmin itu adalah kesabaran. [HR. Dailami]

Bagaimana engkau melihat dirimu baik sementara engkau ujub (bangga hati) dan melihat dirimu besar, serta engkau menuntut pamrih atas perbuatan yang engkau lakukan, padahal yang engkau lakukan itu semata-mata karena pertolongan Allah SWT.

Ketiga, kemiskinan yang tetap disertai sikap zuhud yang terus menerus. Allah akan memberikan pahala atas kemiskinan itu, jika engkau ridho atasnya.

Keempat, berpikir terus–menerus disertai perut yang lapar. Berpikirlah dalam segala sesuatu. Tetapi jangan berpikir tentang zat Allah, sebab antara langit yang tujuh dan kursinya terdapat tujuh ribu cahaya. Dan DIA diatas semua itu. [HR. Ibnu Mubarak]

Kelima, kesedihan yang terus menerus disertai rasa takut yang berkepanjangan. Sesungguhnya orang yang masuk syurga itu orang yang mengharapnya…

Keenam, jerih payah yang terus menerus disertai kerendahan hati. Tawadhulah, bersahabatlah dengan kaum miskin, niscaya kalian akan menjadi pembesar orang yang dekat dengan Allah dan keluar dari sifat sombong. [HR. Abu Nuaim]

Ketujuh, kelembutan disertai kasih sayang yang tanpa putus.

Kedelapan, rasa cinta yang terus-menerus terhadap Allah disertai rasa malu yang konsekuen. Rasulullah bersabda, perpendeklah angan-angan kalian dan tetapkanlah ajal kalian diantara penglihatan kalian, dan malulah kepada Allah dengan cara yang sungguh-sungguh.

Kesembilan, ilmu yang bermanfaat diserta amal yang konsisten. Ingatlah… Bahaya penyakit kecerdasan itu adalah mengakui hal-hal yang dimilikinya. Dan penyakit keberanian itu adalah kezliman. Penyakit kedermawan itu adalah menyebut-nyebut pemberiannya. Penyakit kecantikan itu adalah kesombongan. Penyakit ibadah itu adalah lemahnya fisik. Penyakit pembicaraan itu adalah dusta. Penyakit ilmu adalah lupa. Penyakit kesabaran itu adalah kebodohan. Penyakit keturunan itu adalah kesombongan. Penyakit murah hati itu adalah boros. [HR. Baihaqi]

Kesepuluh, keimanan yang terus menerus disertai akal yang teguh. Akal itu adalah sumber etika. Sebagian ahli bahasa berkata, bahwa sebaik-baiknya pemberian adalah akal. Dan musibah terburuk adalah kebodohan.

Wallahu a’lam.

#H-155_ Depok, 23 Juni 2020.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Semoga ilmu kita bermanfaat dan terhindar dari kebodohan

23 Jun
Balas

alhamdulillah, ilmu yang bermanfaat

25 Jun
Balas

alhamdulillah, ilmu yang bermanfaat

25 Jun
Balas

Keren sekali bu, sangat bermanfaat sekali.

23 Jun
Balas



search

New Post