Sari Mulyani

Duluu, saya tidak suka pelajaran mengarang. Tetapi sejak bergabun di Gurusiana, saya ditantang menulis dan menulis. Enak juga juga jadi penulis.... Hmmmm, Trims...

Selengkapnya
Navigasi Web
MEMBACA, Tantangan menulis Gurusiana hati ke-76
Membaca

MEMBACA, Tantangan menulis Gurusiana hati ke-76

Sejatinya, kegiatan membaca itu adalah suatu kebutuhan bagi setiap diri yang ingin maju. Dengan membaca akan banyak ditemukan inspirasi dan motivasi. Membaca yang dimaksud disini pun adalah membaca bacaan yang baik dan bermartabat. Bukan bacaan yang murahan, dan bukan pula bacaan yang tak sopan.

Ajakan membaca ini juga sangat didengung-dengungkan oleh dunia pendidikan, dalam bungkus “Literasi”. Apalagi dalam situasi HL (home learning) dan WFH (work from home) ini, literasi sangat penting. Literasi yang dimaksud itu ada enam macam yang wajib dimiliki oleh generasi milenial, yaitu: literasi baca tulis, literasi digital/teknologi, literasi numerasi, literasi kesehatan, literasi financial, dan literasi budaya.

Literasi (membaca) ini pun dalam agama sangat diutamakan. Perintah Iqro’ (membaca) bagi semua umat manusia menunjukkan agar manusia pandai ber-literasi. Bahkan perintah literasi (membaca) –nya sangat luas. Membaca yang tersirat dan yang nyata. Sungguh, betapa pentingnya membaca.

Kala ide sedang buntu pun dapat diatasi dengan literasi (membaca). Dengan membaca karya teman, maka akan ada ide baru yang muncul. Ini saya alami sendiri. Ketika menurunkan tulisan ini, saya tak punya ide akan menulis apa. Tetapi, setelah membaca beberapa karya, akhirnya ide dan keinginan menulis itu muncul lagi.

Selama membaca, kita dapat memilih tulisan-tulisan yang kita sukai. Tulisan yang menginspirasi akan memberikan ide-ide segar untuk ditulis ulang dalam bentuk karya yang lain. Dengan membaca juga kita dapat melihat dunia, tanpa harus mengunjunginya. Dengan membaca kita bisa berkarya lebih banyak lagi.

Nah, tunggu apa lagi? Yuuks membaca…

Wallahu a’lam.

#H-76

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Setuju.. Ayo kita berliterasi

04 Apr
Balas

Mantap buk.salam kenal.

02 Apr
Balas

Salam Literasi

03 Apr
Balas

Setuju Bunda. Kita wajib membaca

02 Apr
Balas

Gerakan Membaca

03 Apr
Balas



search

New Post